Jakarta – Sepekan menjelang penerbangan perdana ke Jayapura, maskapai Citilink melaporkan jumlah keterisian kursi pesawat sudah mencapai lebih dari 70%. Menurut President & CEO Citilink, Albert Burhan, antusiasme masyarakat tampak dari banyaknya tiket pesawat menuju ke Jayapura yang sudah terjual.

“Antusiasme masyarakat akan dibukanya rute penerbangan baru Citilink ke Jayapura cukup tinggi yang terbukti dari jumlah keterisian kursi yang telah mencapai 70 persen bahkan satu minggu sebelum penerbangan perdana pada 23 Januari mendatang,” ujar Albert di Jakarta, Selasa (17/1).
Dibukanya rute penerbangan ke Papua ini adalah salah satu langkah bagi Citilink untuk memperluas konektivitasnya ke wilayah Indonesia Timur. Dengan demikian, penerbangan Citilink dapat menghubungkan masyarakat Indonesia dari Aceh hingga ke Papua.
Di samping itu Albert menambahkan bahwa rute pertama Citilink di Papua ini sekaligus menjadi rute penerbangan terpanjang yang dimiliki oleh maskapai berbiaya murah (LCC) tersebut. Citilink akan melayani penerbangan ke Jayapura setiap hari dari 2 kota, yakni Jakarta dan Surabaya dengan satu kali transit di Makassar.
Untuk rute Jakarta-Jayapura diberangkatkan pada pukul 05.55, sedangkan rute Surabaya-Jayapura berangkat dari Bandara Internasional Juanda jam 07.10 dengan memakai pesawat Airbus A320 yang mampu menampung hingga 180 penumpang.
“Kami berharap dengan pembukaan rute baru ini akan memberikan pilihan serta kemudahan akses transportasi bagi masyarakat yang ingin bepergian dari dan menuju ke Papua,” tandas Albert.