Dengan dibuka dan dikembangkannya Bandara Notohadinegoro Jember, rute penerbangan ke Jember semakin padat dan diminati termasuk dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Faktor efisiensi dan kenyamanan menjadi alasan para penumpang untuk menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi dari Surabaya menuju Jember.
Pesawat Surabaya Jember memiliki jadwal penerbangan rutin setiap hari dari hari Senin hingga Minggu dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Durasi penerbangan dari Surabaya ke Jember adalah 55 menit dengan estimasi kelancaran tanpa delay sebab cuaca atau faktor-faktor lainnya.

Maskapai yang melayani penerbangan secara rutin dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Notohadinegoro Jember adalah Garuda Indonesia, yang berangkat setiap hari pada pukul 08:55 WIB dan tiba di Jember pada pukul 09:50 WIB.
Ramainya relasi pesawat Surabaya Jember ini adalah karena kegiatan pariwisata dan pendidikan di Jember yang kian berkembang. Berbagai macam tempat pariwisata alam di Kabupaten Jember menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menikmati keindahannya. Sebut saja pantai Papuma dan Taman Nasional Meru Betiri yang telah menjadi ikon Jember dalam dunia pariwisata yang telah terkenal hingga ke negara-negara tetangga hingga negara-negara Eropa.
Selain itu perkembangan pendidikan terutama perguruan tinggi di Jember juga membuat Jember menjadi kota pendidikan di Indonesia yang semakin diminati oleh mahasiswa-mahasiswa dari kota-kota di Indonesia, termasuk dari Surabaya.
Melihat kondisi tersebut, dibukanya jalur penerbangan dari Surabaya ke Jember praktis semakin mempermudah arus kedatangan para wisatawan, mahasiswa, dan para pedangang yang hendak mengunjungi Kabupaten Jember.
Harga tiket pesawat Surabaya Jember juga relatif terjangkau, mengingat efisiensi waktu dan kenyamanan transportasi udara yang ditawarkani oleh rute penerbangan Surabaya Jember ini. Harga tiket pesawat Surabaya Jember dibuka mulai dari harga Rp. 500.000 an untuk normal season. Tak jarang pula maskapai penerbangan Surabaya Jember juga melakukan promo harga yang membuat harga tiket pesawat Surabaya Jember menjadi semakin terjangkau dan menarik minat calon penumpang.