Jakarta – Bandara Internasional Juanda Surabaya baru saja meraih prestasi yang membanggakan. Bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I ini baru saja dinobatkan menjadi bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 berdasar riset yang dilakukan lembaga analis perjalanan udara asal Inggris, OAG yang dirilis pada Januari 2017 ini.

Bandara Juanda menjadi bandara paling tepat waktu untuk kategori bandara besar (dengan 10-20 juta penumpang per tahun), dengan tingkat on-time performance (OTP) rata-rata 90,30%. Kemudian di posisi kedua ada Bandara Honolulu di Amerika Serikat (87,53%), Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2%), Bandara Brasilia di Brasil (87,07%), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71%).
Sedangkan secara keseluruhan, Bandara Juanda berada di peringkat 3 dari seluruh bandara yang termasuk di daftar OAG Punctuality League 2016. Posisi teratas diduduki Bandara Birmingham Inggris dengan (91,28%), sebagai bandara menengah dengan 5-10 juta penumpang per tahun, kemudian Bandara Newcastle di Inggris (OTP 90,94%) yang ada di posisi pertama untuk kategori bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun).
“Hasil riset ini menunjukkan salah satu indikator keberhasilan kinerja Bandara Juanda pada 2016 dan merupakan pengakuan komunitas internasional atas salah satu fokus kami terhadap on-time performance sebagai salah satu aspek terkait pelayanan pelanggan. Harapan kami, pengakuan ini dapat memotivasi bandara lainnya di tanah air dalam meningkatkan on-time performance agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan,” ungkap Direktur Utama PT AP I, Danang S. Baskoro, Kamis (5/1).
OAG merupakan sebuah lembaga yang teliti mengamati 54 juta catatan penerbangan berbagai bandara di dunia selama setahun. OAG Punctuality League 2016 terbagi dalam beberapa kategori, yakni bandara kecil (2,5-5 juta penumpang per tahun), bandara menengah (5-10 juta penumpang per tahun), bandara besar (10-20 juta penumpang per tahun), dan bandara utama (di atas 20 juta penumpang per tahun). OTP didefinisikan sebagai penerbangan (datang atau berangkat) dengan kurun waktu 15 menit dari jadwal.